Monday, July 1, 2013

APAKAH BRONKITIS MENULAR?????





Artikel ini saya tulis karena pesanan dari teman saya yang ada salah satu keluarganya menderita bronkitis. 

Di bawah ini penjelasan mengenai penyakit bronkitis yang saya ambil dari beberapa alamat web atau blog. 



BRONKITIS???? 

Bronkitis adalah suatu peradangan pada bronkus (saluran udara ke paru-paru). Penyakit ini biasanya bersifat ringan dan pada akhirnya akan sembuh sempurna. Bronkitis biasanya terjadi karena infeksi seperti radang tenggorokan, campak, dan batuk rejan. Penyakit ini disebabkan virus dan bakteri.

Bronkitis adalah peradangan pada bronkus, yaitu saluran yang mengalirkan oksigen ke dalam paru-paru dan mengeluarkan karbondioksida sebagai sisa dari hasil oksidasi. Bronkitis bisa saja akut atau kronis. 

Secara umum, bronkitis akut sering terjadi akibat pilek atau infeksi saluran napas lainnya. Sementara bronkitis kronis kondisinya lebih parah, yaitu terjadinya iritasi atau peradangan pada bronkus. Kebiasaan merokok adalah salah satu penyebab utamanya. 


Bronkitis akut biasanya membaik dalam beberapa hari meski dampaknya masih terlihat, yang ditandai dengan batuk selama beberapa pekan. Tapi jika setelah itu Anda kembali mengalami bronkitis, itu artinya Anda mengidap bronkitis kronis dan Anda tentunya membutuhkan perawatan medis. Bronkitis kronis adalah salah satu kondisi yang termasuk dalam penyakit paru obstruktif kronis (COPD). 

Terapi dan pengobatan bronkitis difokuskan untuk meringankan gejalanya dan melancarkan kembali pernapasan penderitanya.

Serangan bronkitis berulang bisa terjadi pada perokok dan penderita penyakit paru-paru serta saluran pernapasan menahun. Infeksi berulang bisa merupakan akibat dari sinusitis kronis, bronkiektasis, alergi, dan pembesaran amandel pada anak-anak. 



Terdapat dua tipe bronkitis, yakni akut dan kronis. Bronkitis akut ditandai dengan batuk berdahak kekuningan dan demam. Bronkitis akut biasanya juga mengenai bagian paru lainnya. 

Sementara bronkitis kronis ditandai dengan batuk lama, berdahak banyak, dan terutama terjadi pada saat tidur atau pada pagi hari. Penyakit ini biasanya didahului oleh infeksi saluran pernapasan bagian atas. 

Terdapat juga tipe bronchitis yang lain, yaitu bronkitis iritatif bisa disebabkan berbagai jenis debu, asap dari asam kuat, amonia, sejumlah pelarut organik, klorin, hidrogen sulfida, sulfur dioksida yang biasa terapat pada asap kebakaran hutan. Penyakit ini juga akibat dari polusi udara serta tembakau maupun rokok. 

Gejala dari bronkitis pada awalnya adalah batuk-batuk tanpa dahak yang akan berubah menjadi berdahak dalam waktu beberapa hari kemudian. Batuk berdahak awalnya berwarna putih dan bisa berubah menjadi kuning sampai kehijauan kadang disertai demam bila disebabkan oleh bakteri. 



Diagnosis ditegakkan selain dilihat dari gejala, juga melalui pemeriksaan fisik, untuk rontgen dada, umumnya masih dalam batas normal atau terdapat gambaran peningkatan corakan bronkovaskular. Pengobatannya adalah dengan pemberian antibiotik serta obat simptomatik lainnya. 

Sedangkan bila disebabkan oleh virus, penyakit ini akan sembuh sendiri bila banyak istirahat serta makan makanan yang bergizi.Untuk perokok, dianjurkan berhenti merokok karena asap rokok bisa menjadi pemicu untuk serangan bronkitis. 

Untuk mengetahui apakah bronkitis menular atau tidak tergantung pada sifat dari penyakit. Ada dua jenis utama bronkitis, bronkitis akut dan kronis. Bronkitis akut disebabkan oleh infeksi virus dan biasanya berlangsung selama periode waktu yang singkat. Hal ini sering disertai oleh batuk dengan {basah [dahak]} dan berat nyeri dada. Hal ini juga dapat mencakup demam dan berat sakit kepala. Bentuk bronkitis akut ini sangat menular. Hal ini dapat menyebar dengan cepat melalui batuk, bersin atau dengan mendapatkan kontak dekat dengan orang yang terInfeksi. 

Di sisi lain, Bronkitis kronis tidak menular. Meskipun gejala bervariasi secara luas, mereka hampir mirip dengan bronkitis akut dan terwujud dalam bentuk sesak napas, batuk konstan yang menghasilkan banyak lendir tebal dan sakit kepala. Bronkitis kronis sering berlangsung untuk jangka waktu yang lama. Penyebab utamanya adalah merokok. Penyebab lainnya mencakup paparan jangka panjang terhadap debu dan polutan. Bronkitis kronis dapat mengembangkan untuk masalah pernapasan yang lebih serius seperti pneumonia jika tidak dirawat dengan benar. 

Adalah penting untuk menyadari bahwa bronkitis kronis memiliki kecenderungan untuk menjadi menular jika tetap ada untuk waktu yang sangat lama. Hal ini sering terjadi ketika bakteri mulai mengembangkan dan dipancarkan ke udara. 

sumber:

http://gairahksa.blogspot.com/2011/11/definisi-bronkitis.html

http://penyakitbronkitis.com/

2 comments: