Monday, June 4, 2012

Download Desain Template Blog


Ini merupakan pengalaman pribadi saya waktu awal memulai bloging di blogger.com . Mungkin sama dengan yang lain kalau saya menginginkan desain template yang menarik dan unik. Oleh karena itu saya otak atik blog saya. Awalnya saya menemukan kalau template blog tidak hanya bisa dipilih dari deflaut yang ada pada settingan blogger tetapi bisa di download. Lalu saya search di mbah Google template blog yang menarik. Ternyata memang banyak banget desain template yang menarik yang tinggal kita download dan langsung bisa di pakai.


Saya download template blog yang colourful. Lalu saya pasangkan di blog saya. Caranya setelah download template blog yang kita inginkan (dengan format zip) harus dicompres dulu. Caranya klik kanan pada folder atau file lalu pilih compres here/ compres file. Setelah di compres lalu kita masuk di akun blogger kita. 


Masuk ke dasbor lalu pilih menu template. Ini untuk dasbor blogger versi baru. Lihat di pojok kanan atas pilih back up/ restore. Nah kalau kamu pengen desain template sebelumnya tidak hilang silahkan download full template dulu. karena setelah kita mengupload template baru secara otomatis template yang sebelumnya akan terhapus. Lalu pilih file untuk memilih file dari komputer dan langsung upload. Tunggu sebentar dan jadi deh desain template blog yang baru yang berbeda dari deflaut blogger.

Lalu saya coba buka blog saya. Sukses. \(^_^)/ senengnya........

Tapi kkkoooookkkk........

jiah.......

Masuk halamn depan atau homepage blog terlihat postinganya jadi adul2an alias kacau balau. Postinganya beleber ke bawah sehingga title postingan di bawahnya bertumpuk dengan tulisan coment dan label dari postingan di atasnya. Oh no.......

Kemudian saya siasati dengan membuat link Read more pada setiap postingan. Saya pikir maklumlah saya kan masih belajar bloging jadi tak apa kalo masih awut2an. 

Namun apa yang terjadi???? Tetap saja terpotong.

Lalu saya pikir mungkin karena desain template yang saya download terlalu rumit untuk format layoutnya. saya coba ganti dengan template lain yang juga dari hasil mendownload ria. Dan apa yang terjadi sungguh membuat hati saya terasa teriris (lebay). Bukan hanya tulisan yang terpotong tapi juga blog saya menjadi double alias blog ganda. Mulai dari title Blog dan postinganya menjadi double. Hancur dech.....

Akhirnya saya harus ekstra mengotak atik HTML supaya normal. Nah nanti di postingan lainya saya akan bahas soal mengotak atik HTML blog.

Setelah saya otak atik HTML dan dirasa cukup normal (setidaknya blog ganda sudah hilang) saya pake aja template deflaut dari blogger. Nah di sini saya belajar mendesain template deflaut blogger sehingga tampil menarik tanpa harus download template blogger yang ujung2nya merepotkan. Ini juga akan diposting nanti.

Jadi kalau mau pake template hasil download saya sarankan untuk sering mengistirahatkan mata dan pikiran dari dunia bloging alias pasti capek formatnya...... :D :D :D

SEGALA HAL YANG PRAKTIS DAN INSTAN BISA JAUH LEBIH MEREPOTKAN DARI YANG MANUAL


No comments:

Post a Comment